Home Kabar Kabar baik bagi para pelamar yang belum mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi...

Kabar baik bagi para pelamar yang belum mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi CPNS tahun ini!

Kabar baik bagi para pelamar yang belum mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi CPNS tahun ini!

Pasalnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) bersama Menteri Keuangan Republik Indonesia, akan membahas seleksi CPNS 2024, memberikan peluang bagi mereka yang tidak lolos pada seleksi tahun ini.

Dilansir dari unggahan akun @tiktok adidipta yang tayang pada Kamis, 23 November 2023, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, telah melakukan pertemuan dengan Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati, untuk membahas rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), yang mencakup CPNS dan PPPK pada tahun 2024.

Hingga saat ini, belum ada pengumuman resmi mengenai besaran kuota penerimaan CASN tahun depan. Menurut Azwar Anas, Menteri PAN-RB, “Kita sedang memetakan, saya akan bertemu Menteri Keuangan terkait itu, termasuk anggaran keuangannya. Saya tidak berani mendahului presiden (Jokowi) untuk kami petakan. Apakah jumlahnya 100 ribu atau 200 ribu, nanti kita tunggu, ini sedang dalam proses koordinasi cepat untuk keputusan presiden.”

Pemerintah telah menyatakan kebutuhan untuk menerima 1,3 juta ASN pada tahun 2024. Azwar Anas menjelaskan bahwa kebutuhan tersebut mencakup 1,3 juta ASN, yang telah dihitung berdasarkan sisa formasi tahun 2023, jumlah ASN yang akan pensiun pada tahun 2024, dan kebutuhan riil di lapangan. Hal ini menunjukkan bahwa ada kesempatan besar bagi pelamar CPNS pada tahun 2024 untuk bergabung dengan pemerintah.

Selain itu, Azwar Anas juga mengungkapkan bahwa penerimaan CASN tahun depan akan lebih banyak ditujukan kepada lulusan baru atau fresh graduate. Keputusan ini didasarkan pada penurunan jumlah lulusan baru dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini, dalam seleksi CASN, hanya 20 persen dari seluruh formasi yang diisi oleh lulusan baru.

Azwar Anas menyatakan, “Kami mendapatkan banyak keluhan dari teman-teman fresh graduate. Karena dari total ini yang kami seleksi saat ini, 80 persennya adalah tenaga honorer dan Tenaga Harian Kerja (THK) 2, sesuai mandat anggota dewan, honorer harus diselesaikan terlebih dahulu. Hanya 20 persen yang diperuntukkan bagi lulusan baru.”

Oleh karena itu, pemerintah akan menyiapkan formasi khusus untuk lulusan fresh graduate yang akan tersedia pada tahun 2024 mendatang. Hal ini menjadi peluang emas bagi mereka yang baru saja menyelesaikan pendidikan mereka untuk bergabung dalam sektor pelayanan publik.

Sebagai pelamar CPNS yang antusias, pastikan Anda terus mengikuti perkembangan terkait seleksi CPNS 2024/2025 di KabarCPNS.com. Kami akan terus memberikan informasi terbaru untuk memandu Anda dalam mempersiapkan diri mengikuti seleksi CPNS yang akan datang. Jangan lewatkan kesempatan berharga ini untuk berkontribusi dalam pelayanan publik Indonesia. Tetap pantau Kabar CPNS 2024/2025 untuk informasi lebih lanjut!