spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Sambut Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Kejaksaan 2023: Persiapkan Diri dengan Kisi-Kisi Materi Soal Petugas Barang Bukti

Sambut Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Kejaksaan 2023: Persiapkan Diri dengan Kisi-Kisi Materi Soal Petugas Barang Bukti

Jelang pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Kejaksaan tahun 2023, penting bagi para calon peserta untuk mempersiapkan diri dengan baik. SKB merupakan tahap tes terakhir dalam seleksi CPNS yang bertujuan untuk menilai kesesuaian kompetensi bidang pelamar dengan standar kompetensi yang dibutuhkan untuk jabatan yang dilamar.

Materi yang akan diuji dalam SKB CPNS Kejaksaan 2023 telah ditentukan dalam Surat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia nomor B/3187/M.SM.01.00/2023. Materi ini menjadi acuan utama bagi peserta dalam mempersiapkan diri. Kisi-kisi materi tersebut mencakup sejumlah aspek penting, baik kemampuan umum maupun kompetensi khusus yang relevan dengan jabatan Petugas Barang Bukti Kejaksaan.

Kemampuan umum yang diuji mencakup pemahaman terhadap peraturan perundang-undangan nasional, fungsi pengelolaan barang bukti, uraian tugas, sistem informasi, manajemen, administrasi data, operasi perangkat lunak, dan pengolahan data. Sementara itu, kompetensi khusus yang diperlukan mencakup aturan penggunaan dan pengelolaan barang bukti, identifikasi data, integrasi data, analisa data, hukum acara pidana, hukum acara perdata, hukum, pendidikan, dan kewarganegaraan, serta penyusunan laporan dan layanan.

Jadwal pelaksanaan SKB CPNS Kejaksaan 2023 juga telah diumumkan. Seleksi akan dilakukan dalam dua metode, yaitu Computer Assisted Test (CAT) dan Non-CAT. Untuk SKB CAT, tes akan dimulai pada tanggal 3 Desember 2023, sementara SKB Non-CAT akan dilaksanakan mulai tanggal 16 Desember 2023. Peserta perlu memperhatikan lokasi dan jadwal pelaksanaan sesuai metode yang mereka ikuti.

Tak kalah penting, peserta perlu memahami bobot nilai dalam SKB CPNS Kejaksaan 2023, yang bervariasi sesuai dengan jabatan yang dilamar. Adapun bobot yang diberikan mencakup berbagai tahapan, seperti ujian tertulis, wawancara, praktek kerja, tes psikotes, tes kejiwaan, dan tes kesehatan. Setiap tahapan memiliki bobot nilai yang berbeda sesuai dengan jabatan yang dituju.

Dengan memahami kisi-kisi materi soal, jadwal seleksi, dan bobot nilai, para calon peserta diharapkan dapat mempersiapkan diri secara optimal untuk menghadapi SKB CPNS Kejaksaan 2023. Selamat berjuang dan semoga berhasil meraih kesuksesan dalam seleksi ini!

Popular Articles