spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Skor SKD CPNS 2023 Menentukan Kelulusan, Peserta SKB Bisa Bertambah Jika Nilai Sama

Skor SKD CPNS 2023 Menentukan Kelulusan, Peserta SKB Bisa Bertambah Jika Nilai Sama

30 November 2023

Ratusan ribu calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari seluruh Indonesia telah menjalani seleksi kompetensi dasar (SKD) hingga 18 November 2023. Proses seleksi yang melibatkan tes kompetensi ini menjadi tahap awal yang sangat penting dalam perjalanan menuju menjadi seorang PNS. Untuk tahun 2024/2025, informasi mengenai seleksi CPNS sangat dinanti-nantikan oleh banyak calon pelamar.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2023

Ujian SKD CPNS 2023 terdiri dari 110 soal yang dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), terdiri dari 30 soal.
  2. Tes Intelegensi Umum (TIU), terdiri dari 35 soal.
  3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP), terdiri dari 45 soal.

Peserta pelamar umum diberikan waktu 100 menit untuk menyelesaikan tes ini, sedangkan penyandang disabilitas memiliki waktu 130 menit. Skor atau nilai yang diperoleh dalam SKD CPNS akan menjadi penentu utama kelulusan ke tahap selanjutnya, yaitu seleksi kompetensi bidang (SKB).

Skor SKD Sama, Apa yang Terjadi?

Namun, dalam seleksi CPNS, seringkali terjadi situasi di mana beberapa peserta memiliki skor SKD yang sama. Pertanyaannya adalah bagaimana sistem menentukan kelulusan jika skor SKD tersebut sama?

Pertanyaan ini dibahas dalam sebuah unggahan di platform TikTok pada tanggal 30 Oktober 2023, yang menjadi viral hingga Kamis, 16 November 2023. Dalam unggahan tersebut, pengunggah bertanya tentang ketentuan perangkingan jika ada skor nilai SKD yang sama.

Penjelasan dari Biro Kepegawaian Negara (BKN)

Menurut Penjabat Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Nur Hasan, hasil SKD CPNS 2023 yang memiliki nilai sama akan ditentukan oleh ranking tiga kali formasi yang dibuka.

Hasil SKD akan digunakan untuk mengisi formasi yang dibuka dalam seleksi CPNS. Formasi tersebut akan diisi oleh peserta dengan peringkat tertinggi yang memenuhi ambang batas atau passing grade (PG).

Hal ini sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Pasal 40 Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan-RB) Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan PNS.

Dengan demikian, peserta yang memiliki skor SKD yang sama akan bersaing untuk mendapatkan peringkat tertinggi dalam tiga formasi yang tersedia. Semakin tinggi peringkatnya, semakin besar peluangnya untuk melanjutkan ke tahap seleksi berikutnya.

Skor SKD CPNS 2023 akan menjadi penentu utama kelulusan peserta menuju tahap seleksi berikutnya, yaitu SKB. Bagi peserta dengan skor SKD yang sama, ranking tiga kali formasi yang dibuka akan menjadi penentu kelulusan. Dengan demikian, peserta diharapkan untuk tetap berusaha sebaik mungkin agar dapat meraih peringkat tertinggi dan melanjutkan perjalanan mereka dalam menjadi seorang CPNS.

Pantau terus KabarCPNS.Com untuk informasi terkini seputar pendaftaran CPNS 2024/2025 dan berita terkait seleksi CPNS lainnya. Tetap semangat dan persiapkan diri dengan baik untuk menghadapi seleksi CPNS tahun depan!

Popular Articles